Berita

    Featured Image

    Simak Cara Menghilangkan Bau Bensin Di Kabin Mobil

    Pernah mencium bau bensin di kabin mobil? Wah! Anda harus segera mencari penyebab dan cara menghilangkannya. Sebab, aroma tersebut bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara.

    Ditambah lagi, bisa ada indikasi serius pada mobil jika tercium aroma bensin yang menyengat. Dan jika tak segera ditangani, maka bisa muncul permasalahan yang merembet ke komponen mobil.

    Penyebab Bau Bensin di Kabin

    Ada beberapa penyebab terciumnya aroma bensin di mobil. Mulai dari penyebab ringan, hingga permasalahan yang cukup berat. Berikut ulasannya:

            1. Bensin Tumpah 

    Bensin tumpah saat pengisian bahan bakar di POM atau tempat isi BBM bisa menjadi penyebab bau. Ketumpahan ini juga bisa terjadi setelah ada perbaikan pada mobil. 

    Misalnya saja saat mekanik melakukan perbaikan pada mobil Anda. Lalu tidak sengaja menumpahkan bensin, atau aroma bensin di lap menempel di mobil Anda.

            2. Ada Masalah pada Tangki Bensin

    Segera cek tangki bensin, bisa jadi bau tersebut disebabkan ada masalah pada bagian tersebut. Kemungkinan ringannya adalah lupa menutup tangki setelah mengisi BBM. Namun bisa juga tangki bensin bocor.

    Nah, jika penyebab kedua ini terjadi, maka Anda harus segera melakukan perbaikan. Segera bawa ke bengkel supaya tangki bensin bisa segera diperbaiki atau bahkan diganti.

            3. Karburator Mengalami Kerusakan

    Jika saat mesin dihidupkan, tiba-tiba bau bensin, maka bisa jadi karena ada masalah pada karburator. Seperti misalnya karburator rusak. Kalau sudah begini, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel kesayangan.

            4. Tutup Oli Rusak

    Penyebab lain bau bensin di kabin yakni tutup oli atau biasa disebut O-ring mengalami kerusakan. Anda coba cek penutup oli pada mobil, jika terlihat katup tertutup kotoran, bisa jadi tutupnya harus diganti.

    Sebab apabila tidak segera diganti, asap yang keluar dari knalpot mengeluarkan bau bensin. Kemudian bau ini masuk ke kabin dan melekat aromanya.

            5. Busi Longgar

    Kebocoran juga bisa terjadi karena busi longgar atau bahkan rusak. Busi yang longgar, bisa membuat cincin penyegelan mengeluarkan asap. Sehingga aroma bensin bisa tercium. 

    Penyebab lain yang bisa Anda temukan yakni selang mengalami kebocoran. Kemudian bensin pun menetes dan aromanya semerbak. Atau juga feel pump bocor. Segera bawa ke bengkel jika komponen ini yang jadi penyebab.

    Cara Menghilangkan Bau Bensin di Kabin Mobil