Berita

    Ketahui Tips Hindari Resiko Turun Mesin pada Mobil

    Turun mesin pada mobil dapat menghambat aktivitas yang Anda miliki. Tidak hanya itu, turun mesin juga dapat menghabiskan uang dan waktu hanya untuk membayar sejumlah biaya perbaikan. Oleh sebab itu, penting untuk merawat mobil dengan rutin agar dapat terhindar dari masalah ini. 

    Turun mesin sendiri merupakan proses mesin mobil mengalami kerusakan serta harus dilepas agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut kemudian diperbaiki. Proses tersebut tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. 

    Ada berbagai macam faktor yang bisa menjadi penyebab kendaraan turun mesin. Lantas, bagaimana cara untuk menghindarinya? 

    Cara Menghindari Risiko Turun Mesin Pada Mobil

    Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari mobil turun mesin, antara lain:

            1. Lakukan Perawatan Berkala

    Ketika melakukan perawatan berkala, seluruh komponen kendaraan akan diperiksa dengan baik. Perawatan ini memiliki tujuan untuk menjaga keawetan berbagai komponen termasuk mesin dan menemukan potensi kerusakan lebih awal. 

    Dengan rutin melakukan perawatan berkala, kita dapat mengantisipasi kerusakan yang jauh lebih berat. 

            2. Ganti Oli Teratur

    Pada dasarnya, oli memiliki fungsi sebagai pelumas agar mengurangi gesekan antar komponen dari mesin mobil. Bila kondisi oli kurang baik atau malah habis, hal ini dapat menimbulkan dampak pada kerusakan mesin. Oleh sebab itu, pastikan melakukan penggantian secara berkala. 

            3. Hindari Banjir

    Pencegahan turun mesin pada mobil juga dapat dilakukan dengan cara memilih rute jalan dengan tepat. Pemilihan rute jalan begitu penting, utamanya ketika musim hujan. 

    Melewati jalanan yang penuh dengan air akan memberikan dampak buruk pada mesin mobil, karena air yang sudah tercampur dengan kotoran masuk di mesin dan menyebabkan kerusakan. 

            4. Berkendara dengan Aman

    Cara Anda berkendara juga memberikan pengaruh pada mesin mobil. Kebiasaan seperti memacu mobil dengan cepat serta melakukan pengereman secara mendadak lebih baik mulai dihindari. 

    Kebiasaan menyetir tersebut dapat membuat mesin bekerja dengan keras. Sebisa mungkin, berkendaralah dengan santai sehingga perjalanan akan lebih nyaman dan aman. 

            5. Hindari Menggunakan Mobil Lebih dari Kapasitas

    Ketika mengendarai mobil, perhatikan jumlah penumpang serta barang yang diangkut. Berkendara dengan barang yang melebihi kapasitas akan membuat kinerja mobil menjadi lebih berat. 

    Ciri Mobil Turun Mesin