Berita

    Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Setir Mobil yang Berat

    Mobil keluaran baru pada umumnya sudah menggunakan power steering, sehingga roda kemudi tidak akan berat saat diputar. Jika Anda merasa setir mobil berat padahal sudah memakai power steering, kemungkinan ada masalah pada komponen kemudi mobil.

    Sebaiknya segera cari tahu apa penyebab roda setir jadi terasa berat saat dikendalikan. Supaya sumber masalahnya bisa diperbaiki dan mobil bisa Anda kendarai lagi dengan nyaman.

    Penyebab Setir Mobil Berat

    Setir mobil yang terasa berat saat diputar akan menghambat Anda saat berkendara. Terutama saat mobil melewati jalanan yang penuh tikungan atau ketika Anda hendak memarkirkan mobil. Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab roda kemudi sulit diputar, yaitu:

    • Tekanan Angin Ban Kurang

    Sebelum mengecek komponen power steering, lihat dulu kondisi ban mobil Anda. Apakah tekanan angin ban kurang atau tidak. 

    Karena jika tekanan angin ban rendah, roda kemudi bisa terasa berat saat diputar. Sebab ban mobil masih bagian dari sistem power steering. Tekanan angin ban yang kurang membuat power steering harus bekerja lebih keras.  

    • Roda Depan Tidak Sejajar

    Selain tekanan angin ban, periksa juga kondisi ban depan mobil Anda. Apabila posisi roda depan tidak sejajar, pengemudi akan merasa setir mobil berat. 

    Cara mengatasinya yaitu Anda perlu membawa mobil ke bengkel yang mampu melakukan spooring and balancing. Untuk membuat roda depan mobil kembali sejajar. 

    • Cairan Pada Power Steering berkurang

    Pada power steering  terdapat cairan yang berfungsi memberikan tekanan pada piston. Ketika cairan ini berkurang, maka tekanan yang disalurkan pada piston akan ikut berkurang juga. 

    Anda perlu mencari tahu apakah cairan power steering mengalami kebocoran atau memang sudah saatnya diganti. Biasanya cairan power steering memiliki warna merah tua. Cairan perlu diganti saat warnanya sudah berubah lebih gelap. 

    • Belt Power Steering Rusak

    Belt merupakan komponen yang berfungsi memulai serta menghentikan putaran power steering. Bila belt rusak, maka kinerja power steering akan kendur.

    Bahkan jika belt putus sistem power steering tidak akan berfungsi dan akhirnya membuat setir mobil berat. Solusi yang bisa Anda lakukan yaitu mengganti belt dengan yang baru. 

    • Komponen Rack Steer Bermasalah