Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi

    Alarm mobil memiliki fungsi penting untuk menjaga keamanan kendaraan. Bila alarm mobil tidak bunyi, Anda akan terlambat mengetahui kondisi mobil ketika ada ancaman bahaya, misalnya percikan api, tertimpa benda keras, dan lain sebagainya. 

    Bahkan tindak pencurian mobil jadi sulit dicegah jika alarm mobil tidak bisa berbunyi. Selain itu Anda akan kesulitan untuk mencari mobil di tengah lahan parkir yang luas. Saat alarm berfungsi normal, Anda bisa menekan remote dan menemukan mobil dengan mudah. 

    Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi

    Anda akan kerepotan sendiri jika membiarkan alarm mobil yang tidak menyala. Penyebab alarm mobil yang tidak berfungsi umumnya karena ada kerusakan pada sistem alarm, atau baterai remote yang habis. 

    Namun selain dua faktor itu, alarm mobil yang tidak berbunyi bisa disebabkan oleh hal lain. Sebelum memperbaiki alarm mobil, ketahui dulu yang apa penyebab alarm tidak bisa berbunyi. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja alarm mobil:

    • Pintu Mobil Terbuka Sedikit

    Ketika Anda terburu-buru dan asal saat menutup pintu kendaraan, alarm mobil bisa jadi tidak berfungsi. Karena pintu mobil yang tidak tertutup rapat bisa mengakibatkan sistem alarm tidak bekerja. Faktor penyebabnya memang sederhana, tetapi hal ini yang justru sering terjadi. 

    • Central Lock Habis Baterai

    Cek baterai remote central lock. Jika ternyata memang habis, berarti penyebab alarm tidak mau berbunyi karena baterai remote yang melemah. Penggunaan yang cukup sering membuat baterai remote cepat habis. 

    Jika tidak segera diganti bukan hanya alarm yang tidak bisa berbunyi, Anda juga harus membuka dan juga menutup kunci mobil secara manual.

    • Sistem Alarm Bermasalah

    Jika Anda sudah mengecek pintu dan baterai remote, tetapi alarm mobil tetap tidak berbunyi, bisa jadi masalahnya ada pada sistem alarm. Pada mobil sistem alarm terdiri dari beberapa komponen. Kerusakan di salah satu komponennya, bisa membuat alarm mobil tidak bisa menyala. 

    • Masalah pada Aki Mobil

    Selain itu kemungkinan lain yang bisa jadi sumber masalah adalah aki mobil. Jika ternyata aki mobil Anda sudah soak, wajar bila alarm mobil juga jadi ikut tidak berfungsi. Karena Aki merupakan pemasok tenaga listrik untuk mobil.

    Anda bisa mengenali kondisi Aki yang sudah soak dari suara alarm yang terdengar lemah saat masih berbunyi. Bisa juga dari suara klakson, lampu mobil, dan juga lampu indikator Aki pada dashboard. 

    • Gangguan Frekuensi