Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Kerja Sistem All New Ertiga Hybrid

    Memasuki era elektrifikasi, Suzuki ikut berinovasi dengan meluncurkan All New Ertiga Hybrid. Cara kerja All New Ertiga Hybrid ini kini sudah didukung oleh sistem Smart Hybrid milik Suzuki.

    Sistem ini bekerja bersama sejumlah komponen yang saling berkaitan, meliputi mesin konvensional, Integrated Starter Generator (ISG), dan baterai lithium ion. Dengan sistem regenerative deceleration, baterainya diklaim mampu menyimpan daya yang terisi otomatis.

    Diklaim Lebih Irit, Seperti Ini Cara Kerja All New Ertiga Hybrid

    Teknologi Suzuki Smart Hybrid terbaru diklaim lebih irit sebab mampu membantu mengurangi konsumsi BBM dan produksi emisi. Berikut ini rincian cara kerjanya:

    • Penggunaan Fitur Auto Start Stop

    Fitur Engine Auto Start Stop adalah fitur yang membantu mengurangi penggunaan BBM yang tidak diperlukan selama berkendara. Cara kerjanya yaitu dengan mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti sejenak.

    Dengan berhentinya mesin, maka mobil tidak akan melakukan proses pembakaran. Namun, fitur ini hanya bisa aktif apabila sabuk pengaman terpasang, pintu tertutup, kap mesin tertutup, daya baterai memadai, dan indikator Auto Start Stop sudah aktif.

    Contoh penerapannya yaitu saat mobil berada dalam kondisi macet atau kondisi padat lalu lintas. Saat berhenti, maka mesin akan nonaktif secara otomatis untuk meminimalisir penggunaan BBM.

    Setelah pegas gas diinjak, mesin mobil kemudian akan kembali aktif secara otomatis. Sehingga selain lebih hemat bahan bakar, fitur ini juga turut mendukung sistem berkendara ramah lingkungan (eco-driving) yang hemat energi.

    • Cara Kerja Mesin Saat Akselerasi

    Saat berakselerasi, mesin mobil umumnya banyak mengkonsumsi bahan bakar. Dengan teknologi Smart Hybrid All New Ertiga Hybrid, baterai akan memberi energi ke ISG untuk membantu perputaran mesin agar lebih ringan dan irit BBM.

    Sementara itu, apabila mobil sedang melaju dengan kondisi baterai aki maupun baterai lithium ion penuh, kerja ISG akan berhenti. Kemudian, mesin akan fokus menggerakkan kendaraan.

    Adapun jika saat mobil melaju kondisi kedua baterainya tidak memadai, maka mesin akan menggerakkan ISG untuk mengisi baterai. Sehingga, tidak akan ada energi berlebih yang terbuang.

    • Cara Kerja Mesin Saat Deselerasi

    Cara kerja All New Ertiga Hybrid saat deselerasi (perlambatan) dengan menginjak rem adalah mengubah energi geraknya menjadi energi listrik. Energi tersebut lalu akan disimpan di baterai aki serta baterai lithium ion.