Berita

    Ketahui Cara Merawat Busi Mobil agar Tidak Cepat Rusak

    Ketika ada komponen yang mengalami kerusakan atau penurunan fungsi pada mobil, pastinya hal ini akan memberi efek ketika mobil tersebut dioperasikan. Sebagai salah satu komponen yang memiliki peranan penting pada mobil, maka perlu untuk dilakukannya perawatan pada busi mobil guna mencegah terjadinya kerusakan.

    Dalam merawat busi mobil, Anda perlu melakukannya dengan baik. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar fungsi dari busi mobil tetap berjalan dengan semestinya. Pada pembahasan berikutnya akan dijelaskan mengenai cara-cara apa saja yang bisa Anda lakukan saat merawat busi agar kondisi busi bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.

    Cara Merawat Busi Mobil

    Busi merupakan komponen yang memiliki peran pada saat proses pembakaran di mana busi sebagai tempat terjadinya proses pembakaran tersebut antara bahan bakar yang mobil Anda gunakan dengan udara yang ada di dalam tabung mesin. Busi juga berfungsi sebagai komponen yang berguna untuk mengeluarkan percikan api yang memicu terjadinya pembakaran.

    Supaya fungsi penting dari busi tersebut bisa selalu dijalankan dengan baik, maka penting bagi Anda sebagai pemilik mobil untuk selalu memperhatikan dan merawat kondisi dari busi mobil. Supaya busi tetap berfungsi dengan kapasitas yang maksimal, berikut terdapat cara-cara yang perlu Anda lakukan dalam merawat busi.

    Beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat merawat busi pada mobil supaya tidak cepat rusak yaitu sebagai berikut.

    • Memeriksa Kondisi Busi Mobil

    Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memeriksa kondisi dari busi mobil tersebut. Melakukan pemeriksaan pada busi mobil bisa dilakukan dalam waktu yang sudah Anda tentukan seperti misalnya satu bulan sekali. 

    Pemeriksaan ini dilakukan agar Anda mengetahui bagaimana kondisi sebenarnya pada busi. Sehingga apabila busi mengalami kerusakan Anda bisa dengan segera melakukan tindakan penggantian.

    • Mengidentifikasi Kondisi Busi Mobil

    Ketika saat diperiksa busi dalam kondisi baik, maka Anda bisa lanjut untuk menggunakan mobil. Namun nyatanya terdapat dua masalah pada busi yang perlu untuk dilakukan aksi lebih lanjut. Masalah tersebut diidentifikasi ke dalam 2 macam kondisi, yaitu busi yang rusak dan busi yang kotor.

    Apabila busi rusak maka aksi terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu menggantinya dengan yang baru, sementara apabila busi kotor, maka Anda perlu untuk membersihkannya.

    • Membersihkan Busi Apabila Kotor